Syarat Skripsi

Skripsi yang disyaratkan di Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoromempunyai bobot kegiatan sebesar 6 SKS sehingga pemilihan judul, tingkat kedalaman dan keluasan kegiatan penelitiannya perlu disesuaikan dengan bobot 6 SKS.

  • Persyaratan Pendaftaran Skripsi

Untuk memperlancar kegiatan tersebut berikut ini ada bebarapa persyaratan untuk pendaftaran skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa kepada KoordinatorKelompok Bidang Minat (KBM).Adapun persyaratan tersebut sebagai berikut:

  1. Skripsi merupakan mata kuliah yang dapat diambil setelah mahasiswa menyelesaikan mata kuliah paling sedikit 120 (seratus dua puluh) SKSlulus dan menyelesaikan mata kuliah prasyarat untuk hal tersebut dibuktikan dengan menyerahkan Transkrip Nilai yang telah ditandatangani oleh Pembimbing Akademik.
  2. Telah mengambil Mata Kuliah Skripsi yang tercantum pada Isian Rencana Studi (IRS) dibuktikan dengan print out
  3. Kesediaan dari pembimbing skripsi maksimal dua orang yang tercantum pada buku kendali skripsi.
  4. Menyerahkan proposal satueksemplar yang telah disetujui oleh pembimbing skripsi.
  5. Lama skripsi dimulai dari tanggal ujian proposal sampai dengan minimal 3 bulan yang dituangkan dalam buku kendali skripsi.
  6. Jika dalam jangka waktu 6 bulan tidak ada perkembangan atas laporan dari pembimbing, maka Koordinator KBM dapat menentukan pembimbing dan judul yang baru.
  7. Jika dalam jangka waktu 6 bulan belum dapat menyelesaikan skripsi dan mendapatkan rekomendasi dari pembimbing, maka lama skripsi dapat diperpanjang maksimal 6 bulan..

 

  • Persyaratan Ujian Skripsi

Untuk memperlancar kegiatan tersebut berikut ini ada bebarapa persyaratan untuk pendaftaran ujian skripsi yang dilakukan oleh mahasiswa kepada Koordinator Skripsi.Adapun persyaratan tersebut sebagai berikut:

  1. Telah memenuhi beban kredit mata kuliah yang dipersyaratkan oleh fakultas ataudepartemen minimal 138 SKS dengan semua mata kuliah wajib dan pilihan telah lulus sesuai Kelompok Bidang Minat (KBM) dengan IPK minimal 2,00dibuktikan dengan transkrip nilai yang telah disetujui oleh Pembimbing Akademik.
  2. Sedang mengambil mata kuliah skripsi yang tercantum pada Isian Rencana Studi (IRS) dibuktikan dengan print out
  3. Menyerahkan bukti sudah melaksanakan seminar hasil dengan bukti draf skripsi sudah ditandatangani oleh Pembimbing Skripsi dan layak untuk diujikan.Bagi mahasiswa yang melaksanakan skripsi di instansi di luar Universitas Diponegoro wajib melampirkan surat keterangan telah selesai melaksanakan penelitian.
  4. Membuat pernyataan bebas dari plagiarisme tugas akhir atau skripsi yang ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,-
  5. Slip pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) yang telah disahkan oleh bank.
  6. Nilai TOEFL minimal 400 yang diakui oleh Universitas Diponegoro.
  7. Bebas pinjam dari laboratorium.
  8. Menyerahkan buku kendali skripsi.
  9. Menyerahkan draf skripsi yang telah ditandatangani pembimbing sebanyak jumlah pembimbingdan

 

  • Pelaksanaan Ujian Skripsi
  1. Ujian skripsi dilaksanakan minimal 3 hari kerja setelah pendaftaran di Koordinator Skripsi.
  2. Ujian skripsi dilaksanakan selama maksimum 2 jam terdiri dari presentasi dan diskusi atau tanya jawab yang dipimpin oleh ketua sidang (Pembimbing).
  3. Ujian dihadiri oleh 3 - 4 orang terdiri dari pembimbing dan penguji.
  4. Lama waktu penyelesaian revisi minor maksimal 1 bulan dan revisi mayor diserahkan tim penguji maksimal waktu 3 bulan. Jika revisi melebihi waktu yang telah ditentukan maka akan dievaluasi oleh Departemen Fisika.
  5. Jika tidak lulus, waktu ujian ulang diserahkan kepada tim pembimbing dan penguji paling lama 6 bulan dan pelaksanaan ujian ulang dikoordinasikan dengan Koordinator S Jika melebihi waktu yang telah ditentukan maka akan dievaluasi oleh Departemen Fisika.
  6. Mahasiswa diperkenankan untuk tidak mengikuti ujian skripsi dan berhak mendapatkan nilai A dengan ketentuan sebagai berikut:Hasil skripsi dimuat pada jurnal internasional terindeks Scopus atau Thomson Reuters atau jurnal nasional terakreditasi Dikti sebagai penulis pertama; Hasil skripsi dimuat pada konferensi internasional terindeks Scopus dengan makalah yang telah terbit sebagai penulis pertama; Hasil juara PIMNAS PKMP dan PKMKC(baik medali perunggu, perak atau emas) dengan skim dan topik yang relevan dengan skripsinya.
  7. Dalam hal mahasiswa yang bebas ujian skripsi diwajibkan membuat skripsi dan dikoreksi oleh tim penguji.