Penjajakan Kerjasama Riset BioNano Technology (BNT)

BioNano Technology  terbentuk setelah memperhatikan paradigma baru yaitu Grand Publikasi Internasional , untuk keperluan riset grup yang siap mengahadapi tantangan jaman sehingga dibutuhkan penyatuan visi misi riset oleh para peneliti, demikian dikatakan Dr. Cuk Imawan, Dosen Fisika Universitas Indonesia dalam penjajakan riset untuk mahasiswa S1,S2 dan S3, maupun dosen.

DR. Cuk Imawan juga menambahkan bahwa riset area yang bisa dikerjakan dimulai sintesis material, theoretical modeling, instrumentasi/pengukuran dan aplikasi atau divais. Ini bias dijabarkan  pada biosynthesis, nano materials, metal, M-O, biomaterial, computation, optical-magnetic resources, hyper spectra imaging, bio imaging, magneto-optic measurement, sensing and calibration, sensors, analytical instruments, functional materials, environmental , food, health and energy, ini disampaikan saat berkunjung ke FSM UNDIP tanggal 1 Maret 2017.

Semoga bisa berlanjut kolaborasi riset antar perguruan tinggi. Beberapa penelitian dosen Undip yang sudah berjalan antara lain oleh Dr. Hendri Widiyandari dkk adalah Pengembangan material membran berbasis nanofiber untuk aplikasi separator pada baterai lithium-ion. Drs. Indras dkk dengan riset Penelitian dan pengembangan lapisan tipis TiO2-N-CNT menggunakan metode pulse laser deposition sebagai material fotokatalis unggul. Dr. Iis Nurhasanah dkk dengan  riset Eksplorasi Potensi Nanopartikel CeO2 untuk Dosimeter Radiasi Sinar Gamma.

informasi lebih lanjut terkait riset bisa menghubungi Ketua Departemen Fisika.

cuk1-300x225